KISAH MUALAF PENDETA MENDALAMI AJARAN KRISTEN JUSTRU SEMAKIN MANTAP MASUK ISLAM

 Ketika Mualaf Center Nasional Aya Sofya melakukan safari dakwah, kami mengunjungi salah satu desa di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Bertemu dengan Ust. Jodik Liwoso merupakan seorang mualaf yang dulunya seorang mantan pendeta dan guru agama Kristen. Berbincang-bincang bersama beliau agar bisa memberikan motivasi kepada para muslimin dan muslimah.

Kamispeak-bincang di Masjid Pangeran Diponegoro, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Setelah masuk Islam nama beliau dikenal sebagai Muhammad Sya'ban dan berprofesi sebagai Da'i Kristologi untuk berdakwah kepada para muallaf dan mualaf di Minahasa Utara.


Kisah beliau dalam menemukan kebenaran agama Islam

Dia lahir dari keluarga yang cukup taat dalam beragama, saat itu orang-orang yang beragama Kristen dan Maluku Utara pada tahun 1994. Saat ini beliau tinggal di wilayah yang mayoritas beragama Islam karena saat itu orang tua bekerja di perusahaan pekerjanya sebagian berasal dari Jawa . Sehingga mereka pun bergaul dengan mereka hingga diajak untuk mengaji Iqra' jilid satu.

“Alhamdulillah pada waktu itu sudah bisa iqra' satu dan setelah dites oleh pak Imam (Ustadz), beliau kaget karena melihat saya orang baru. Jadi ditanya asal usul saya, hingga beliau ke rumah minta izin untuk mengurus saya masuk Islam tapi orang tua saya menolaknya”. Kata beliau sambil berusaha mengingat kenangan masa kecilnya dulu.

Beliau pun dampak dari yang dilakukan di Maluku Utara tahun 1999 yang hampir kehilangan kehilangan kejadian tersebut adalah orang-orang yang menyuruh untuk merasakan Teologi untuk mempelajari Alkitab dan menjadi seorang pendeta.

“karena kejadian itu saya pulang ke Manado dan melanjutkan sekolah SMP dan SMA, setelah lulus saya masuk di Universitas Klabat (UNKLAB)”. Jelasnya singkat.

Meskipun begitu karena benih-benih Islam sudah terlanjut ditabur dalam benaknya sejak masih kecil sehingga mengingat tentang surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nasr masih berlanjut sampai beliau Kuliah dan kerja pada waktu itu. Surat-surat Al-Qur'an itu masih terngiang jelas dalam benaknya dan mengganggu pikirannya hingga pada tahun 2007 beliau memutuskan untuk memutuskan diri dari kampus dengan alasan cuti.

“Tapi dalam hati itu sudah ada pertanyaan, apakah saya diizinkan kembali ke Islam atau tidak?” . Katanya saat menjelaskan perasaan bimbangnya pada waktu itu.

Beliau kemudian menjadi pemberitahuan dan kemudian mendapat tawaran untuk menjadi guru agama Kristen di SD SMP SMA Rapi Manado dan di SMA Wolter. Dan karena memiliki banyak pengetahuan mengenai Alkitab, beliau diusulkan untuk menjadi misionaris dan menjadi misionaris pada tahun 2009 sampai 2010 di Gereja Advent Metro di Pandu yang berpusat di Jakarta.


Perjalanan beliau menjadi misionaris berhasil memurtadkan seorang siswi muslimah bernama Astuti yang kalah saat berlatih dengan beliau dan memutuskan untuk melakukan baptisan. Beliau menjadi penanggung jawab baptis tersebut dan mengajukan pengajuan ke kantor pusat Jakarta. Setelah itu beliau mendapatkan SK secara resmi sebagai Pendeta Muda di Gereja Metro sekaligus sebagai guru agama.

“saya sudah berhasil memurtadkan Astuti dan adalah Maimunah seorang siswi SMP murtad juga hingga selanjutnya datang mencari saya: mana pendeta yang ada baptis anak ini? Kemudian saya pasang dada dengan bangga dan berkata kepada mereka: saya yang bertanggung jawab terhadap pembaptisan mereka. Lalu mereka berkata lagi: pembaptisan harus dibatalkan, kalau tidak satu kampung akan datang ke sini”. Jelas mengenai kronologinya saat berhasil memurtadkan seseorang.

“Saya juga tepat waktu itu karena belum punya Istri. saya lansung. Kemudian ada di pikiran saya bahwa ini sudah mulai salah”. Lanjutnya sambil mengekspresikan dirinya kala itu.

Meskipun menjadi misionaris terbilang sukses tapi menurut beliau ada sesuatu hal yang mengganjal dan menjadi beban di hati. Apa lagi saat mendekati bulan puasa dan melihat umat Islam melakukan tarawih yang selalu mengingatkan beliau tentang masa kecilnya hingga sering membuat berkhayal kembali ke masa lalu di masa-masa itu.

“kapan saya bisa seperti itu, kapan saya bisa kembali. Hingga saya berdoa: Tuhan jika memang Islam itu agama yang baik, maka tolongkanlah aku dengan Islam, tetapi jika Islam itu agama yang salah maka tolong jauhkan, jadi memory ini tolong hapus”. Kata beliau sambil bernostalgia.

“Semakin saya berdoa maka Islam itu semakin dalam di hati saya. Dia masuk-masuk hingga timbul rasa ingin masuk Islam. Akhirnya saya mundur dari kependetaan sekaligus dari guru dengan alasan saya ingin kembali ke gereja seperti semula”. Jelasnya.

Pada tahun 2014, beliau memutuskan untuk keluar dari profesinya dan bekerja di salah satu perusahaan Manado sebagai cleaning service . Hidayah Allah nyatanya juga datang kepada beliau melalui mimpinya selama 3 hari berturut-turut dengan mimpi yang selalu sama selama mengerjakan shalat.

“Kemudian mendekati bulan puasa saya bermimpi shalat. Dengan baju yang sama mimpi yang sama dan tidak ada bedanya selama 3 hari berturut-turut itu”. Kata beliau.

“Kemudian saya kembali mengingat memori saya, mencoba wudhu dan saya langsung shalat pada waktu itu. Dengan 3 surat itu yang masih saya hafalkan dan cuma itu saja dibolak-balik. Terus saya shalat dan saya meminta, belum berani menyebut Allah waktu itu, waktu itu masih saya sebut Tuhan. Saya berdoa, mengangkat tangan dan berdoa: ya Tuhan, kalau memang Islam agama yang benar maka dekatkanlah saya dengan Islam”. Jelas beliau lebih lanjut.


Kemudian beliau membaca Alkitab dan mencari terjemahan Al-Qur'an untuk belajarnya. Beliau menemukan persamaan dan perbedaan antara ayat Alkitab dan ayat Al-Qur'an. Beliau mempelajari kedua kitab tersebut hingga khatam dan menemukan salah satu ayat dalam Alkitab yang menguatkan keyakinannya untuk memeluk agama Islam.

“jadi saya ini benar-benar khatam Alkitab mulai dari Kejadian sampai Wahyu. Di sana ada ayat-ayat juga yang menguatkan tentang Islam dan ada ayat-ayat juga yang menyatakan bahwa Yesus itu hanya sebagai utusan”.

Menurut beliau, semakin kuat untuk mempelajari Alkitab maka semakin besar keinginannya untuk masuk Islam. Hingga membuat beliau berpegang teguh pada keyakinan Islamnya dan berani menghadapi risiko menghadapi sesuatu yang menyangkut kehidupannya meski membuat marah.

“Akhirnya saya cari anak dari pak Imam kebetulan kami berteman. Saya datang ke Mahawu tepatnya di Masjid Ibnul Amin untuk mengatakan maksud saya yang ingin masuk Islam. Kemudian pak Imam bilang jika harus di sunat dulu tapi waktu itu saya tidak punya uang karena biaya sunat itu sekitar 700 – 900 ribu. Dan pak Imam bilang: jangan punya uang yang penting kamu yakin dan jangan mempermainkan Islam, jangan kamu naksir wanita Islam terus masuk Islam karena perkawinan. Kemudian saya bilang: insya Allah, pak Imam saya tidak begitu”. Kata beliau saat menjelaskan kronologinya yang akan segera memeluk agama Islam.

Setelah bersunat pada bulan Juni 2015, beliau akhirnya mengikuti prosesi pensyahadatan meski harus mengulang berkali-kali hingga 7 kali namun akhirnya beliau masuk Islam secara sah. Jika dulu beliau memiliki pengalaman berkhutbah di mimbar dan pernah membuat KKR maka setelah masuk Islam tumbuh tekad besar pada diri beliau dan berharap kepada Allah agar dapat menjadi seorang Da'i.

Perjalanan beliau menjadi seorang Da'i

“Jadi semenjak itu saya bercita-cita ingin menjadi Dai karena ingin mengembalikan orang yang sudah saya murtad itu, jadi telah menjadi tanggung jawab bagi saya”. Kata beliau.

Setelah masuk Islam tumbuh keinginan untuk menikah dengan seseorang yang bisa membimbingnya untuk lebih mendalami agama Islam dan meraih cita-citanya untuk menjadi seorang Da'i. Meski sudah pernah merasakan sepercik ajaran Islam sebelumnya, ia merasa bahwa dirinya masih baru dan perlu belajar dan mendalami agama Islam.

Beliau membangun setiap malam untuk berdoa kepada Allah agar bertemu dengan pasangan hidup yang mampu membimbingnya untuk memperdalam agama Islam. Akhirnya Allah mempertemukannya dengan seorang muslimah dari Kabupaten Kepulauan Sangihe, seorang guru agama Islam lulusan STAIN Manado.

Allah berikan tepat, dan Allah jawab seperti yang saya minta. Akhirnya saya di bimbing oleh istri saya ini mengaji. Saya bilang pada istri bahwa saya ini adalah mantan pendeta dan saya stres kalau tidak naik mimbar”. Kata beliau.

Menjadi seorang pertama adalah muda bagi beliau lagi karena beliau adalah seorang mualaf untuk berdakwah tidak hanya membutuhkan keahlian berbicara saja, tetapi harus menyampaikan materi dakwah dengan benar sesuai dengan syariat Islam. Menjadi seorang Da'i paling tidak harus tahu bacaan dan kandungan Al-Qur'an dan Hadist dengan benar. Jika dulu saat berkhutbah di mimbar menggunakan Alkitab yang berbahasa Indonesia, tetapi kali ini berbeda karena Al-Qur'an menggunakan bahasa Arab. Sehingga saat itu dibina cukup keras oleh Istrinya dan belajar Al-Qur'an hingga ± 1 tahun, dan setelah itu beliau mendapatkan persetujuan dari beliau istri untuk bisa memberikan ceramah atau khutbah.

“Akhirnya istri saya katakan: kalau ada yang ceramah dan khutbah ya silahkan. Akhirnya saya diundang untuk khutbah di Masjid Tiban pada suatu majelis taklim yang terdapat mualaf/mualafah, ada dari mereka yang balik masuk ke agama kristen. Jadi mereka meminta saya untuk berceramah di sana tentang Kristologi”. Kata beliau saat menjelaskan kronologinya menjadi seorang Da'i.

Beliau pun banyak membaca buku karya dari Alm. Ust. Insan LS Mokoginta untuk mempelajari satu halaman dari buku-buku serta mempelajari Al-Qur'an terjemahan, akhirnya beliau dapat mengalirkan hasil belajarnya itu untuk disampaikan pada para mualaf/mualafah dan seluruh umat Islam di Sulawesi Utara.

“Saya mengatakan kepada diri sendiri dengan cukup keras waktu itu: karena sudah memegang teguh iman Islam, sudah bersyahadat, tolong jangan kembali. Alhamdulillah, sampai sekarang ini masih berpegang teguh pada agama Islam. walaupun dalam tapi Insya Allah akan selalu ada pertolongan dari Allah saat meminta/berdoa”. jelasnya.

Beliau akhirnya ditugaskan untuk menjadi penyuluh agama di Minahasa Utara, khususnya di Kec. Wori, Minahasa Utara. Beliau mengikuti Bimtek penceramah agama bersertifikat dan mendapatkan banyak materi yang memang sangat dibutuhkan oleh beliau untuk berdakwah. Agar ketika diminta atau diundang menghadiri ceramah dapat lebih menguatkan para mualaf dan mualaf, insya Allah dengan pertolongan Allah.

Apa ada ujian setelah masuk Islam?

Setiap orang percaya pasti akan mendapatkan pertanyaan, begitu pula dengan Ust. Jodik Liwoso. Ujian datang setelahnya memutuskan untuk memeluk Islam, mulai dari Ditinggalkan oleh teman-teman terdekatnya, dibenci keluarga, hingga ancaman. Tapi beliau hanya mengamalkan surat Al-Ikhlas 100 kali sebelum shalat wajib 5 waktu itu.

“dari ujian itu saya amalkan baca Al-ikhlas 100 kali. Alhamdulillah 3 hari sebelum lebaran setelah saya masuk Islam itu saya pulang kampung dan diterima oleh orang tua dan keluarga dan sampai sekarang saya tetap sayang mereka karena melihat perubahan baik yang terjadi ketika saya memeluk Islam”. Jelasnya.

Harapannya setelah masuk Islam

“Setelah saya masuk Islam, perasaan saya tenang dan setiap ada masalah selalu aman karena dihadapi sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadist. Ketika kita mengikut itu maka Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan semuanya berjalan dengan lancar”.

beliau memiliki harapan besar untuk bisa berdakwah kepada keluarganya, beliau adalah anak bungsu dari 3 bersaudara. Kakak first first is Islam di Kendari dan begitu pula beliau, sehingga sudah ada 2 orang yang masuk Islam dalam keluarganya.

“Jadi harapan saya untuk dakwah ke mereka itu tidak mungkin saya berceramah ke mereka. Tapi saya dakwah melalui akhlak. Saya menunjukan bagaimana akhlak yang baik meskipun orang tua beda agama. Setiap selesai shalat saya mencium tangan kedua orang tua. Saya tunjukan kepada mereka akhlak Islam itu bagaimana”. Jelasnya.

beliau tetap istiqomah dalam berbagai keadaan dan diberi kemudahan oleh Allah agar mampu mendakwahkan Islam kepada orang-orang Kristen. Semoga beliau dapat menginspirasi saudara-saudara kita pada mualaf.

ٱلدِّينَ للَّهِ لْإِسْلَٰمُ ا لَفَ لَّذِينَ ا۟ لْكِتَٰبَ لَّا ا لْعِلْمُ ا ايَٰتِ للَّهِ للَّهَ لْعِلْمُ ا ايَٰتِ
للَّهِ للَّهَ لْحِسَابِ Allah sisi Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sebelum datang kepada pengetahuan mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. (QS. Al-Imran: 19)

Semoga kisah beliau ini bisa memberi kita motivasi untuk lebih gencar lagi mengabarkan kebenaran agama Islam. Allah memerintahkan kita (ummat Islam) untuk mengajak saudara kita yang belum mendapatkan hidayah Allah untuk berusaha hidayah-Nya dengan cara belajar agama Islam. Bersama Mualaf Center Jembrana dan Mualaf Center Nasional Aya Sofya, siap membantu mualaf yang membutuhkan pertolongan baik secara fisik, materi, maupun solusi dari masalah yang dialami seorang mualaf.

Kami juga akan melakukan edukasi atau advokasi bagi mualaf di seluruh Indonesia untuk mendalami dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kesehariannya, serta membina para mualaf agar produktif dalam syi'ar dan dakwah, serta mandiri secara finansial dalam kehidupan yang berlandaskan iman, taqwa, dan cinta tanah udara.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan Baca 1001x Selawat Nariah Paling Merdu

Bacaan Al Qur'an Merdu Juz 1 Sampai 30 Menyejuk Hati.

AL- QURAN PENGANTAR TIDUR BAYI _ 30 juz